Bilakah masa yang paling berharga dalam hidupmu? Siapakah orang yang paling penting di waktumu? Jawabannya bisa saja sederhana, diandraku.. Meski aku tahu kamu tak selalu setuju. Masa yang paling berharga adalah saat ini, orang yang paling penting adalah orang yang ada di sini, aku menyatakan itu setelah Kierkegaard menulisnya demikian, diandraku..

Aku tidak ingin kecewa, meski kondisi itu bisa saja dilebur masa. Aku tak ingin murung meski hari terus dirundung mendung. Sebab Januari ini mengingatkanku pada dirinya, diandraku. Dan aku tau, ia juga tak akan melupakanku begitu saja. Tapi aku sunyi, .. Aku sunyi karena ternyata cinta tak pernah bisa terganti. Aku sunyi sebab rindu itu terus menghantui. Lalu, bukankah kita sama-sama tau; siapa yang memuja kesunyian, memang hanya kan mengakrabi kepahitan. Ia harus menyadari bahwa garisnya tak pernah berjodoh dengan kemenangan. terasing, kalah dalam kesendirian.

Aku ingin belajar untuk tak peduli di Januari ini. Pada apapun selain rangkaian aksara yang menuliskan untukku kata bahagia. Tapi aku terlanjur menjadikan hadirnya sebuah ilham hati, diandra.. Sedang ia tlah pergi. Dan aku terbiasa menatapmu sebagai pengganti. Itu akhirnya membuat adamu selalu separuh arti. Di hadapku, dan di sela senyum kesunyian yang terus menyelimuti.

Aku ingin sekali saja mengerti bahwa hidup tak sebatas di Januari. Meski sejujurnya aku takkan bertahan tanpa (dia sebagai) ilham hati. Aku selalu saja ingin dia yang menemani, diandraku, meski kamu tlah merapatkan tatap padaku berulangkali. Untuk sekali ini aku tak ingin berdusta, diandraku.. Meski itu bisa saja menjadikan rasamu padaku sia-sia.. Karena itu aku butuh ceriamu tuk menghiasi. Agar aku bisa memadukan lagi harap yang berkeping, sebelum luruh semua kisah dalam hening.

Januari ini terlalu berat bagiku, diandra.. Kuharap maafmu terhatur untuk segalanya, bahkan untuk keadaanku yang tak kunjung melepaskannya.. Aku ingin menyayangimu apa adanya, perlahan dan mengalir seperti niat kita di ucap pertama. Agar Januari ini tak lagi sunyi yang bermakna. Dan aku bisa yakin meneguhkan, waktu yang paling berharga adalah saat ini, meski itu bukan Januari. Orang yang paling penting untuk hidupku adalah kamu, meski cinta ini tlah dibawa(oleh)nya berlalu..

Januari 2010

Kenz

