Lose

  1. Jika kamu seperti saya, terlahir dengan wajah cakap, penuh daya pikat, tapi tidak punya pasangan, atau kekasihnya lebih memilih nikah dengan orang lain, kamu adalah pecundang..!!
  2. Jika kamu seperti saya, tumbuh di keluarga yang cukup berada, bisa membeli apa saja, tapi tiba-tiba kehilangan segalanya, dan tidak tahu harus bagaimana, kamu adalah pecundang..!!
  3. Jika kamu seperti saya, punya otak brilian, hafal banyak rumus, teori, dan kearifan, selalu merasa bisa melakukan semuanya, langganan beasiswa, tapi tidak mampu merumuskan hidup dan menghitung peruntungan sendiri, tidak bisa menjadi layaknya Einstein, Hawking, Wolfram, atau Habibie, kamu adalah pecundang..!!
  4. Jika kamu seperti saya, punya kemampuan berbahasa yang unik, tutur ‘parole’ sastrawi yang baik, citra puitis yang apik, menguasai 4 bahasa negara, tapi tidak mampu menyairkan harapan dalam hidup yang nyata, tidak bisa menjadi laiknya Chairil Anwar, Seno, apalagi Neruda, kamu adalah pecundang..!!
  5. Jika kamu seperti saya, yang ramah, santun, penyayang, baik hati, jujur, berbakti, teguh pendirian, sabar, rajin menabung, dan pintar mengaji, tapi tidak mampu memotivasi diri, menjadi teladan untuk hari-hari yang semakin ngeri, kamu adalah pecundang..!!
  6. Jika kamu seperti saya, punya hafalan teori marketing dan penguasaan IT, tapi hanya bisa menjadi blogger ecek-ecek yang tidak tertarik dengan program afiliasi, adsense, atau apapun yang menghasilkan dolar di rekening sendiri, kamu adalah pecundang..!!
  7. Jika kamu seperti saya, yang pernah bekerja di beberapa tempat, lalu memilih kabur dengan tidak hormat karena menuturkan kata hati, atau dipecat karena memilih teguh pada prinsip diri, dan sekarang bangga menjadi pengangguran sebab lowongan kerja tidak ada lagi, kamu adalah pecundang..!!
  8. Jika kamu seperti saya, mantan mahasiswa filsafat yang menguasai banyak pemikiran dari Plato klasik hingga Derrida, punya segudang literatur lintas bidang dari ekonomi politik, hingga puisi, tapi lebih memilih membaca komik dan menonton film bokep karena muak dengan teori, kamu adalah pecundang..!!
  9. Jika kamu seperti saya, mengenal dan memahami betul ajaran-ajaran spiritual dan teologi, hafal kitab suci, ujaran para nabi, dan fatwa aneh MUI, bahkan hafal dan mengerti syair-syair Rumi, Ibn Arabi, hingga Ronggolawe, tapi tidak mampu menjauhkan diri dari rasa takut akan mati, atau sering kehilangan arti, kamu adalah pecundang..!!
  10. Jika kamu seperti saya, terjebak dalam kondisi hidup yang sulit, kesempatan yang semakin sempit, keuangan dan usaha yang terus pailit, kesehatan yang sering memburuk karena sakit, oh shit… kamu adalah pecundang..!!
  11. Jika kamu seperti saya, tidak mengenal, bukan saudara, teman, apalagi punya hubungan keluarga dengan Gubernur BI, orang-orang yang terlibat BLBI, Kejaksaan dan polisi, birokrat dan politisi, Artalyta hingga Abu Rizal Bakrie, tapi membenci mereka dan terus berdoa agar mereka cepat-cepat mati, kamu adalah pecundang..!!
  12. Jika kamu seperti saya, tidak lagi mengerti apa makna nasionalisme dan cinta ibu pertiwi, tidak lagi tertarik dengan setumpuk persoalan apalagi sampai ikut demonstrasi, sudah putus asa dengan gagasan tentang penghentian korupsi, utang luar negeri, hingga hukuman mati Amrozi, kamu adalah pecundang..!!
  13. Jika kamu seperti saya, yang memilih dan memoklamirkan diri menjadi pecundang sejati, kamu telah membongkar batas diri, kamu telah mendapatkan arti untuk dunia dan hidup yang tak pernah suci…
